Rabu, 07 Oktober 2009

Belajar Sejarah Sambil Main Game Online

Tahu RF Online, Ragnarok Online, atau Seal Online? Game-game itu merupakan game buatan Korea Selatan. Namun, tak disangka, Indonesia juga berhasil membuat game online yang mengandung nilai sejarah. Nusantara Online. Itulah nama game buatan negeri kita.

Nusantara Online, sebuah Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) karya anak bangsa yang bertemakan sejarah Nusantara pada masa lalu, pada saat kebudayaan dan kerajaan-kerajaan besar di Nusantara turut serta mewarnai perjalanan sejarah dan budaya dunia. MMORPG adalah suatu jenis permainan berbasiskan konsep permainan Role-Playing Game (RPG) yang bisa dimainkan dari berbagai tempat dan waktu oleh banyak pemainan. Sedangkan RPG sendiri adalah suatu jenis permainan dimana pemainnya akan memainkan karakter buatan dan akan menjalankannya untuk mengikuti alur cerita. Dalam RPG, seorang pemain akan bebas mengontrol karakternya untuk mengikuti alur cerita yang disediakan oleh sistem permainan. Dalam RPG, permainan tidak akan selalu mengarah pada satu cerita baku karena pemain akan mengontrol keberjalanan cerita sesuai dengan keinginannya dalam menjalankan karakternya.

Nusantara Online saat ini sedang dalam masa uji coba dan direncakan dirilis bulan depan (November 2009). Namun, game online ini telah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Jumat, 26 Juni 2009 lalu. Masa uji coba ini diperuntukkan untuk melakukan uji coba terhadap stabilitas keamanan jaringan , kenyamanan pemain dalam memainkan nusantara online ,serta menyempurnakan fitur-fitur yang ada lewat respon tester. Dalam masa uji coba ini, kita sudah bisa melihat dan men-download trailer-nya di situs YouTube (www.youtube.com) Kita juga dapat men-download game ini

Karakter-karakter, susunan kemasyarakatan, bentuk bangunan, sampai peta dalam Nusantara Online ini disesuaikan dengan kondisi asli masanya. Selain sejarah, ada tokoh mitologi, hikayat, dan legenda rakyat Nusantara. Terdapat pula pulau-pulau yang setiap pulau memiliki kelebihan tersendiri, pulau-pulau tersebut seperti Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan dan Papua.

Untuk tahap pertama, dihadirkan tiga kerajaan, yakni Majapahit, Pajajaran dan Sriwijaya. Tahap kedua yang akan dirilis tahun depan direncanakan menghadirkan tiga kerajaan lain: Samudera Pasai (Aceh), Bedahulu (Bali) dan Gowa.

Bagi kalian yang berminat untuk memainkan game online ini, silahkan buka situs resminya, www.nusantara-online.com. Selamat menikmati! (ANGIE)


Sumber:

http://www.nusantara-online.com/

http://indogamer.wordpress.com/2008/11/10/nusantara-online/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar