Kamis, 19 Mei 2011

JANTUNG BERDEBAR MENGHADAPI UKK

Senin, 23 Mei 2011 sampai Jum'at, 27 Mei 2011 siswa dan siswi SMP TNH menghadapi ujian kenaikan kelas. Ujian ini sangat menentukan murid-murid naik kelas atau tinggal kelas. Mungkin ujian kenaikan kelas akan menjadi moment yang mendebarkan karena para murid harus belajar dengan tekun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Bukan saja dengan UKK yang menentukan murid-murid naik kelas atau tidak, ada syarat lain yang harus mereka penuhi. Nilai ulangan harian, Ekstrakulikuler, Kertertiban siswa juga menentukan naik atau tinggal kelas. Murid yang merasa nilainya kurang maksimal dari KKM mungkin akan takut tidak naik kelas tetapi murid yang merasa nilai nya sudah maksimal akan merasa tenang. Murid-murid yang nilainya sudah maksimal harus tetap belajar karena soal UKK juga diambil dari Semester 1. Banyak murid yang sudah lupa akan materi Semester 1, tetapi murid-murid mempunyai tips untuk mudah menghafalkannya.
Murid-murid sudah tidak bisa bermain atau melihat tv lagi karena waktu mereka banyak digunakan untuk belajar. Deg-deg kan dan bingung itu perasaan murid-murid yang sudah tidak bisa untuk bersantai lagi karena dalam waktu 5 hari mereka hanya belajar dan belajar.
Kata seorang siswi kelas 7, “ Perasaan baru kemarin aku MOS sekarang sudah UKK, cepat sekali waktu berlalu”. Mugkin ini pertama kali siswa-siswi kelas 7 menghadapi UKK di SMP dan mereka juga merasa deg-deg an seperti kakak kelas nya.
Tips-tips untuk mudah menghafalkan pelajaran, yaitu :
  1. Membuat ringkasan.
  2. Belajar sambil mendengarkan lagu.
  3. Belajar ditempat yang tenang dan sejuk.
  4. Berdoa sebelum belajar.
  5. Sebelum belajar makan dulu agar mempunyai tenaga.


Felly Yunita
VIIB/5427

Tidak ada komentar:

Posting Komentar