Kamis, 19 Mei 2011

TRIK HADAPI ULANGAN DAN UJIAN BERTUBI-TUBI

Senin tanggal 23 Mei 2011 sampai Jum'at tanggal 27 Mei 2011, siswa dan siswi SMP Taruna Nusa Harapan, Mojokerto akan menghadapi ujian untuk penentuan kenaikan kelas atau tinggal kelas. Memang tidak terasa kalau sudah memasuki sesi pembelajaran terakhir di tahun ajaran 2010 sampai 2011 seakan baru saja kemarin Ujian Tengah Semesternya.
Bahan untuk ujian diambil 25% dari semester 1 dan 75% dari semester 2. Untuk anak kelas 7 memang berat rasanya.
Ini dia tips – tips untuk menghadapi ujian minggu depan :

  • Kumpulkan kertas – kertas ulangan harian yang termasuk dalam bahan untuk ujian akhir semester (ujian kenaikan kelas). Kalau hilang, pinjam dan fotocopy punya teman lainnya supaya bisa belajar.
  • Merangkum pelajaran – pelajaran. Untuk anak yang lebih suka belajar dengan cara menulis sendiri, cara ini cukup membantu untuk menghafal dan mengingat pelajaran tersebut.
  • Memberhentikan diri dulu sementara dari kegiatan – kegiatan selain belajar. Cara ini mungkin “agak” sedikit sulit untuk dilakukan, karena kita terlalu senang dengan kegiatan di luar belajar, seperti bermain facebook dan twitter, bermain play station, dan ekstra kulikuler yang disenangi atau lain sebagainya.
  • Membaca buku pelajaran berkali – kali. Membacanya saja, tidak perlu dihafalkan, nanti kalau sudah jenuh pasti hafal – hafal sendiri ^^
  • Membuat rangkuman dengan tampilan yang seru. Contohnya diberi warna yang cerah untuk memudahkan menghafalnya, memberi gambar yang lucu, atau sebagainya.
  • Menghafalkan dengan cara yang berbeda. Jika biasanya kita belajar di dalam kamar, duduk diam, dan hanya berfokus pada pelajaran yang kita pelajari itu jujur, sangat menjenuhkan. Menghafalkan dengan cara yang berbeda bisa dengan sambil mendengarkan musik, atau menghafalkannya dengan cara yang seru lainnya
  • Membuat kelompok belajar. Ini cara terseru, kita bisa belajar dengan teman – teman kita, tapi kita tidak boleh berbicara sendiri dan bukan belajar. Kelompok belajar biasanya terdiri dari 2 sampai 10 anak, di mana setiap kelompok memiliki murid yang pandai dalam bidang tertentu. Jika seorang siswa memiliki kemampuan tertentu bisa mengajari teman lainnya yang tidak bisa dalam bidang tersebut.
Semoga cara – cara di atas bisa membantu kita yang akan menghadapi ujian, jangan lupa juga berdoa kepada Sang Pencipta memohon rahmat agar bisa menghadapi ujian dan memperoleh hasil yang diharapkan. Selain itu semua, kita juga harus menjaga kesehatan, dengan cara makan makanan yang sehat dan bergizi, istirahat cukup. Good Luck guys..!!
oleh :
Adynda W. N - Sita Devy K. - Stefanus Christian W. - Esther Gracia (7B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar