Kamis, 03 Maret 2016

TIPS MENJAGA KESEHATAN DI MUSIM PANCAROBA

     Saat ini musim di Indonesia sedang tidak menentu, atau yang biasa disebut musim pancaroba. Terkadang pada pagi atau siang hari cuacanya sangat panas, kemudian tiba-tiba pada sore atau malam hari cuaca berganti menjadi hujan. Hal ini menuntut tubuh kita untuk bekerja lebih keras dari biasanya untuk beradaptasi dengan perubahan suhu yang drastis. Bila imunitas tubuh kita menurun, maka kita rentan terserang beberapa penyakit, yang langganan diderita pada musim pancaroba. Contoh penyakitnya seperti ; diare, penyakit saluran pernafasan (batuk, pilek, sesak nafas), dan demam. Lantas, bagaimana caranya agar kita tidak terserang penyakit di musim pancaroba ini ???  Berikut tips-tips untuk menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba :

1. Banyak minum air putih
Pastikan asupan cairan memenuhi kebutuhan keseharian ttubuh kita. Kita bisa mengonsumsi air putih minimal 2 liter per hari untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menghindari gejala tubuh dehidrasi.

2. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang
Jangan lupa mengonsumsi makanan bergizi yang cukup dan dibutuhkan oleh tubuh, seperti ; karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Agar daya tahan tubuh baik, konsumsi juga makanan yang memenuhi semua unsur gizi yang diperlukan oleh tubuh.

3. Konsumsi vitamin
Dalam kondisi cuaca seperti ini, imunitas tubuh kita jauh lebih mudah menurun. Maka dari itu untuk mempertahankan imunitas tubuh agar tetap fit, kita bisa mengonsumsi suplemen vitamin. Seperti ; vitamin C, zinc, dan echinachea. Echinachea merupakan sebagian dari suplemen yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Pilihlah suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Istirahat yang cukup
Sesibuk apapun kegiatan kita, kita tetap harus istirahat yang cukup. Dari beberapa penelitian, dijelaskan bahwa tidur yang baik dan sehat adalah tidur yang cukup, yaitu sekitar 7 jam sehari. Dengan tidur yang cukup, kita dapat memulihkan energi tubuh kita yang digunakan selama seharian. Sedangkan tidur yang kurang, dapat menurunkan imunitas tubuh kita secara drastis.

5.  Hindari stress
Stress merupakan salah satu penyebab tubuh menjadi depresi dan menurunkan imunitas. Jadi sebisa mungkin kita, sebaiknya menghindari stress dengan cara berpikir positif, tersenyum, dan buatlah diri bahagia.

6.  Sering berolah raga
Karna saking sibuknya, terkadang orang melupakan yang namanya olah raga. Padahal dengan berolah raga, imunitas tumbuh kita akan meningkat. Tidak diperlukan waktu yang lama untuk berolah raga, kita hanya butuh waktu minimal 30 menit. Kita bisa memilih olah raga ringan seperti ; lari, senam, bersepeda, yoga, atau berjalan kaki.

Itulah beberapa tips untuk  menjaga kesehatan di musim pancaroba. Sekian dan terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar