Kamis, 29 September 2011

Tips Gaul dan Modern Menghadapi UTS

Menghadapi UTS bukanlah hal yang sulit, menegangkan, ataupun perlu ditakuti, tetapi UTS juga bukan hal yang dapat diremehkan dan dianggap enteng. Seyogyanya, UTS justru sangat membantu kita dalam banyak hal, seperti mengetahui seberapa kemampuan ingat kita dalam triwulan terakhir, mempersiapkan kita dan membiasakan kita untuk menghadapi UAS atau bahkan UASBN, juga melatih kita untuk lebih tertantang dan bersemangat. Mungkin bagi sebagian siswa, UTS adalah sesuatu yang menakutkan, atau sebaliknya, sesuatu yang dianggap remeh. UTS tidak dapat dianggap remeh, tetapi kita tidak perlu takut dan tegang menghadapinya. Berikut tips tips gaul dan menarik agar sukses menghadapi UTS :

- Membuat “kerpekan”

Yap, cara pertama mempersiapkan UTS adalah dengan membuat secarik kertas kecil dengan ringkasan seluruh materi mata pelajaran yang akan diulangkan atau biasa disebut “kerpekan”
Tapi tunggu dulu, kerpekan yang ini jangan dibawa pada saat UTS, tetapi kerpekan yang ini harus kita bawa selalu. Bisa kita letakkan di dompet, di selipkan di silikon HP, atau di tempat tempat yang sering kita lihat. Tujuannya adalah agar kita sering membacanya dan mudah menhapfalnya di waktu luang kita. Seperti saat duduk santai di sofa atau teras, kita dapat belajar dengan menghafalkan kerpekan yang tadi telah kita letakkan di dompet atau kita selipkan di silikon HP.
Jadi dimanapun kita berada, tidak perlu repot repot membawa buku ataupun soal soal ulangan.

- Mewarnai

Cara kedua adalah mewarnai kerpekan yang kita buat dengan warna warni dari pensil warna ataupun textliner (stabilo).
Banyak ilmuan yang sudah melakukan survey dan terbukti, bahwa warna dapat meningkatkan daya ingat otak. Dengan kita mewarnai kerpekan kita dengan warna warni, kita dapat lebih mudak menhafalkan kalimat kalimat dengan mudah. Seperti saat kita menghadapi UTS, kita membaca soal yang pernah kita tulis di kerpekan, kita dapat lebih mudah mengingat jawabannya dengan mengingat warna yang kita berikan pada kalimat tersebut.
Jadi kita dapat lebih mudah menghafalkan kalimat kalimat.

- Bermain

Cara ketiga adalah wajib kita lakukan, yaitu bermain dan rekreasi. Tapi bermain ataupun rekreasi jangan yang membuat kita lelah, cukup yang membuat kita senang.
Kita tidak boleh belajar terus menerus dalam sehari. Kita wajib meluangkan waktu sekitar 1 – 2 jam per hari untuk bermain atau bersantai, untuk merilekskan pikiran kita. Belajar terus menerus tanpa istirahat juga mengakibatkan hal yang cukup fatal, seperti sakit, stress, dan lupa semua yang telah kita pelajari pada hari H. Istirahat cukup membantu kita mengingat pelajaran dengan tidak hanya sementara, juga merilekskan pikiran agar tidak tegang saat UTS.
Jadi kita dapat lebih santai menghadapi UTS dan mudah mengingat pelajaran

Dengan menjalankan tips tips diatas, mudah mudahan kita dapat lebih mudah menghadapi UTS, tentu saja juga dengan menjaga pola makan dan kesehatan, belajar lebih awal dan tidak menggunakan SKM (Sistem Kebut Semalam), dan dengan keseriusan serta niat yang keras dalam belajar. Semoga dapat lebih membantu dalam mempersiapkan UTS. (Julius & Klemens)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar