Kamis, 20 Oktober 2011

Rapor Sisipan, Saatnya Orang Tua Tahu


(WARTATNH, Kamis, 13 Oktober 2011)
    Hari ini, Kamis, 13 Oktober 2011, SMP TNH mengadakan pembagian laporan tengah semester yang biasa disebut rapor sisipan. Dengan rapor sisipan ini orang tua akan tahu perjalanan nilai sang anak selama setengah semester. Ini berguna untuk orang tua yang jarang berada di rumah, atau anak yang menyembunyikan nilai.
    Rapor sisipan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena kali ini dalam rapor sisipan tertera kolom nilai baru, yaitu kolom pengayaan. Sistem pengayaan mulai diterapkan pihak SMP TNH sejak tahun ajaran ini. Tujuannya, agar dapat menambah nilai siswa yang dinyatakan “jelek”, tetapi masih tuntas agar dapat mendapat nilai semaksimal mungkin.
    Meskipun pengayaan tergolong penting dan tertera dalam laporan sisipan, tetapi terkadang siswa tidak tertarik untuk belajar ulang dan menambah nilainya. Bahkan terkadang jika ditanya orang tuanya, siswa biasa menjawab, “Pengayaan tidak penting, kan ulangannya sudah tuntas.”
    Kembali pada rapor sisipan. Kebanyakan orang tua siswa sibuk dengan pekerjaannya, sehingga jarang tahu nilai-nilai anaknya. Rapor sisipan ini berguna agar orang tua tahu keseluruhan nilai anaknya. Selain jarang berada di rumah, orang tua juga sering tidak tahu nilai keseluruhan anaknya karena anak sering menyembunyikan nilai jelek.
Tak hanya nilai yang bisa diketahui orang tua ketika pembagian rapor sisipan. Orang tua juga dapat menanyakan tentang sikap anak di sekolah, seperti keseriusan belajar atau memperhatikan pelajaran ketika di sekolah. Selain itu orang tua juga dapat konsultasi tentang apa yang dapat dilakukannya agar dapat memperbaiki nilai-nilai anaknya.
(Melisa 8A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar