Kamis, 03 November 2011

AYO DUKUNG KOMODO

Ayo Dukung Komodo

WARTA TNH - Indonesia adalah negara yang kaya. Baik akan sumber daya manusianya maupun kekayaan alamnya. Di antara kekayaan – kekayaan yang ada, yang paling fantastis “something” adalah Komodo.
Komodo dilindungi di sebuah pulau di daerah Nusa Tenggara yang diberi nama Pulau Komodo. Pulau Komodo merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yanf dikelola oleh pemerintah pusat, dan terletak di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1.300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2.500 ekor.

Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepanjang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau
sterculia oblongata diyakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

Pada tahun 1910 orang Belanda menamai pulau di sisi selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo.

Cerita ini berawal dari Letnan Steyn van Hens Broek yang mencoba membuktikan laporan pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut. Steyn lantas membunuh seekor komodo tersebut dan membawa dokumentasinya ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

Tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis "New Seven Wonders of Nature" yang baru diumumkan pada tahun 2010 melalui voting secara online di www.N7W.com

Pada 2010 Pulau Komodo Sebagai NewSevenWonder dan akan diumumkan pada tanggal 11-11-2011. Tapi sementara ini, kabarnya Pulau Komodo berada di peringkat ke 5 dari 28 finalis setelah Hutan Amazon di Amerika Serikat, Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Sungai Puerto Princize di Filipina. Ayo Indonesia, tetap dukung Pulau Komodo agar menjadi keajaiban dunia!
Caranya mudah, hanya dengan sms. Ketikkan saja : KOMODO, dan kirim ke 9818. Biaya sms itu hanya Rp 1,00. Tidak mahal bukan? :D

(sumber: Wikipedia)
Esther Gracia - 8c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar