Kamis, 17 November 2011

MENYUSUN KARYA TULIS

Menyusun karya tulis ilmiah sederhana merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh para siswa kelas IX. Sebenarnya, fokus utama kompetensi ini adalah kesadaran sejak dini tentang sistematika dan tata penulisan karya tulis ilmiah. Harapannya, para siswa memiliki dasar yang kuat tentang penulisan karya tulis ilmiah, sehingga mereka tidak mengalami kesulitan di jenjang pendidikan selanjutnya yang banyak menuntut kemampuan menulis karya ilmiah.


Sebelum siswa praktik langsung menyusun karya tulis sederhana, SMP TNH biasanya mengawalinya dengan pengetahuan dasar tentang karya tulis ilmiah. Yang pertama adalah sistematika penulisan. Sebagai contoh, makalah adalah bentuk karya tulis ilmiah yang sederhana. Sistematikanya hanya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pendahuluan, pembahasan, dan penutup. 


Dalam bab pendahuluan, paling tidak terdapat empat subbab yang harus ada yaitu latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat. Apa itu latar belakang? Rumusan masalah? dll. Meskipun semuanya telah disampaikan guru bahasa Indonesia di kelas, namun jika Anda ingin mendownload materinya presentasinya, silakan KLIK DI SINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar