Kamis, 19 Maret 2015

Manfaat Kegiatan Ekstrakulikuler

 
Kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan pendidikan diluar pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat mereka melalui kegiatan secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan tenagakependidikan yang berkemampuan dan berwenang di sekolah.

Manfaat Ekstrakulikuler bagi siswa :
1.     siswa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya dengan optimal melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh ekstrakulikuler yang diikutinya.
2.      Selain itu kegiatan ekstrakulikuler juga merupakan lahan emas bagi siswa dalam menorehkan prestasi, melalui ekstrakulikuler maka siswa akan turut aktif juga mengikuti berbagai perlombaan sesuai dengan ekstrakulikuler yang dipilihnya.
3.     Menghambat terjadinya bullying yang terjadi disekolah oleh teman sebaya


Manfaat Ekstrakurikuler bagi sekolah :

1.     Dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler, sekolah tentu telah menyediakan pendidikan yang lengkap, dari sisi akademik maupun non akademik bagi siswa.
2.     . Prestasi yang dihasilkan dari kegiatan ekstrakulikuler pun dapat memberikan manfaat yang positif bagi sekolah, semakin banyak prestasi yang diraih maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat akan kualitas dan eksistensi dari sekolah tersebut.

                                                                                                                                                                 
Kegiatan ekstrakulikuler di sekolah memang memiliki manfaat yang besar bagi siswa maupun bagi sekolah, tetapi di sisi lain sekolah maupun siswa harus pintar pintar mengatur waktu dan prioritas antara pendidikan akademis di dalam kelas dengan pendidikan non akademis dalam kegiatan ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakulikuler yang baik adalah kegiatan ekstrakulikuler yang tidak mengganggu proses pembelajaran akademis bagi siswa, jangan sampai siswa terlalu fokus dalam kegiatan ekstrakulikuler sehingga kegiatan akademis yang utama terbengkalai.

DAMPAK POSITIF KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Adapun dampak positif dari ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswaantara lain :
·Memberikan wawasan akademik maupun non akademik.
·Membentuk karakter siswa
·Mengembangkan bakat siswa
·Menunjang prestasi belajar siswa



DAMPAK NEGATIF KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Selainmemiliki dampak positif, ekstrakurikuler juga berdampak negatif bagi proses pembelajaram. Dampak negatiftersebutdiantaranya :

·Mengurangi waktu belajar siswa baik di rumah maupundisekolah
·Sangat mengurastaminaparasiswa, karena waktu  istirahat mereka digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler.
· Terkadang mengganggu kegiatan belajar siswa di kelas.
(Diolah oleh : Okvita Widyadhana dan Frisca Tiara Olivia P.)





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar