Rabu, 18 November 2015

ANGELA MERICI HERDYANA PROKLAMAGITA, OLAHRAGAWAN DARI SMP TNH

Tokoh yang akan mengisi rubrik profil kali ini adalah Angela Merici Herdyana Proklamagita. Namanya sudah tidak asing lagi di kalangan olahragawan atletik tingkat SMP se-Jawa Timur. Beberapa kali Lala, demikain panggilan akrabnya, berhasil memenangi lomba atletik baik di tingkat Kota Mojokerto maupun di Jawa Timur. Bahkan, beberapa saat yang lalu dia berhasil meraih juara tingkat nasional.  

Gadis yang lahir pada tanggal 17 Agustus 2001 ini mulai menekuni bidang olahraga sejak masih duduk di Taman Kanak-Kanak. Ketika masih di TK, orang tua Lala pernah mengikutkan dia pada lomba lari estafet. Meskipun saat itu belum menang, Lala merasa bahwa keikutsertaannya dalam lomba ketika itu merupakan tonggak awal keberhasilannya dalam bidang olehraga saat ini. Kepada WARTA TNH Lala mengatakan bahwa saat itu dia belum punya motivasi sendiri. Semuanya hanya mengikuti apa yang diarahkan oleh orang tua.

Ketika ditanya tentang fokus olahraga yang ditekuni, gadis yang berzodiak Leo ini mengatakan bahwa untuk saat ini dia menekuni dua cabang olahraga atletik sekaligus yaitu lari jarak pendek dan lompat tinggi. Untuk cabang lari, sesuai dengan tingkatan usia (tingkat SMP),  maka yang ia tekuni yaitu lari jarak 60 m. 

Di cabang lari ini Lala pernah memperoleh Juara I UNESA CUP, juara I tingkat Provinsi Jatim di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2015. Catatan waktu yang berhasil dia peroleh adalah 8,16 detik. Meskipun sudah memperoleh juara I Lala sebenarnya kurang puas karena catatan waktu tersebut masih berada di bawah catatan waktu yang ia peroleh di sesi latihan. Di saat latihan Lala pernah mencatatkan waktu 7,95 detik untuk lari jarak 60 meter.

Sementara itu, di cabang lompat tinggi, Lala berhasil meraih juara 1 Kejuaraan Nasional Pra Remaja Tahun 2015 dengan tinggi lompatan 140 cm. Ketika ditanya tentang cabang Olahraga yang akan diseriusi, Lala bilang, "Saya ingin fokus di lompat tinggi." Menurut dia,  "Jumlah pesaingnya di cabang lompat tinggi sedikit, sehingga peluang menang lebih besar," imbuhnya. (berencana sekolah olahraga di jakarta(beasiswa), karena juara 1 kejuaraan nasional pra remaja (menunggu hasil Psikotes))

SEMINGGU LATIHAN TIGA KALI

Keberhasilan Angela Merici selama ini tak bisa lepas dari pengaruh tangan dingin pelatihnya, yang sekaligus merupakan ayah kandungnya, J.B. Heri Sumarsa, S.Pd. Heri Sumarsa adalah mantan atlet nasional lompat tinggi di tahun 90-an. Darah atletik dari ayahnya inilah yang agaknya  menurun ke Lala. Dalam hal latihan, Heri Sumarsa termasuk disiplin. Lala diwajibkan mengikuti latihan setiap hari Rabu, Jumat, Minggu Pagi. Tempat latihannya tentu saja di halaman SMP-SMA TNH Mojokerto.

Berkat latihan dan kerja kerasnya itu Lala telah membawa nama daerah ke level yang lebih tinggi. Karena keberhasilannya itu pulalah, Lala sudah beberapa kali mendapatkan bonus uang pembinaan dari Walikota Mojokerto.

Mengidolakan Nadia Anggraeni (Atlet lompat tinggi Internasional dari Indonesia)

Berikut ini adalah serangkaian prestasi yang pernah diraih oleh Angela Merici


1 2015
Kujuaraan Liga Basket SMA TNH Se- Regional Mojokerto, Sidoarjo, Jombang Juara 1 Tim Basket Putri
2 2015 9 - 10 Mei 2015 Kejuaraan Atletik UNESA Cup X Juara 1 Lari  60 meter
3 2015
Olimpiaade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kota Mojokerto Juara 1 Lompat Jauh Putri
4 2015 1- 4 April 2015 Kejuaraan Nasional Atletik Pra-Remaja dan Remaja Juara 1 Lompat Tinggi Pra Remaja Putri
5 2014
Final Jatim Sprint II Plus Juara 2 Lari 60 meter Putri
6 2014
Turnamen Bola Basket Walikota Cup III Juara 1 SMP Putri
7 2014 28 Oktober 2015 Kejuaraan Lompat Tinggi Juara 3 Lompat Tinggi Putri Provinsi Jatim
8 2014 24- 28 September 2015 Kejuaraan Lompat Tinggi Juara 3 Lompat Tinggi Putri SMP
9 2014 22 Maret 2014 Kejuaraan Atletik Tulungagung Terbuka Juara 3 Lompat Tinggi Putri
10 2013
Turnamen Bola Basket Walikota Cup II Juara 1 SMP Putri
11 2012
Kejuaraan Atletik UNESA Cup VII Juara 2 Lari 50 meter Putri
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar