Kamis, 12 April 2012

KIAT HADAPI UJIAN NASIONAL

Ujian nasional tingkat SMP sudah semakin dekat. Sekolah-sekolah sudah melakukan Try-Out, baik sekolah Swasta,maupun negri. Ujian nasional tingkat SMP dilakukan pada tanggal 23 s/d 27 April 2012. Peserta ujian nasional di harap tidak bersenang-senang,misalnya : bermain,berwisata,dan sebagainya.
Ujian yang akan disediakan untuk tingkat SMP adalah : Bahasa Indonesia,Matematika,IPA,dan Bahasa Inggris. Paket soal yang akan diterima peserta ujian nasional berbeda-beda. Diantaranya terdiri dari paket soal 1,paket soal 2,paket soal 3, paket soal 4, paket soal 5,dan paket soal 6 dan soalnya berbeda-beda. Hal ini dikarenakan agar siswa tidak berbuat curang seperti halnya saling bercontekan.Waktu yang akan diselenggarakan ujian nasional selama 120 menit.
Tips-tips untuk ujian nasional agar sukses sebagai berikut :
1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal.
2. Perbanyaklah baca dan latihan soal
3. Belajar kelompok
4. Efektifkan belajar di sekolah
5. Rajin Bertanya
Banyaklah bertanya kepada guru sekolah,guru les,atau orang tua untuk mengajari soal yang
anda tidak mengerti dan tidak bisa menjawab. Ingat “Malu bertanya sesat di jalan”
6. Bersikaplah proaktif
Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi UAN. Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil. Buatlah target nilai UAN misalnya : 8.00/9.00
7. Mohon doa restu dari orang tua
8. Hadapilah ujian dengan tenang
Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan proporsional bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.
9. Selamat Mengerjakan.Semoga Berhasil.

BY : Vincent Gunawan dan Eris Megantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar