Kamis, 15 September 2016

REPUBLIK RAKYAT CINA (RRC)

Republik Rakyat Cina(RRC), merupakan suatu negara komunis yang telah dikenal luas. Negara ini memiliki jumalah penduduk terbanyak di dunia, sebanyak kurang lebih 1,3 miliar penduduk.Dan juga wilayah terluas keempat setelah Rusai, Kanada, dan Amerika Serikat.

Negara ini pertama kali di proklamasikan oleh Mao Zedong, yang sekarang disebut dengan Bapak Revolusi Cina. Ketika Cina mengalami kegagalan ekonomi, Mao Zedong mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua umum Cina, namun tetap menjadi ketua partai. Setelah Mao Zedong meninggal, pemerintah China sudah mulai melonggarkan kontrol pemerintah terhadap kehidupan rakyatnya dan menuju ekonomi China dengan sistem berbasiskan pasar.

Cina memiliki pasukan militer terbesar di dunia, yang disebut People Liberation Army (PLA) yang terdiri atas angkatan laut dan udara. Dana anggaran militer Cina juga sangat besar, terbanyak ketiga setelah Amerika dan Rusia. Cina juga memiliki sistem senjata nuklir yang maju dan berkembang. Meski begitu, Militer Cina ini tidak terlalu berpengaruh, karena peralatannya yang dianggap ketinggalan zaman.

Mayoritas wilayah Cina terdiri atas pegunungan, perbukitan, dan plato(Dataran tinggi yang bagian atasnya datar). Arah memanjang pegunungan dan sungai cenderung barat - timur sehingga membagi Cina menjadi tiga wilayah geografis yang berbeda. Di bagian barat terdapat dataran tinggi Tibet, sedang di sebelah utara terdapat wilayah Sinkiang- Mongolia.Wilayah utama ketiga adalah bagian Timur sepanjang kawasan Laut Pasifik, yang dihuni oleh 95% penduduk Cina. Disamping karena lahannya yang subur sebagai lahan pertanian dan merupakan konsentrasi penduduk, wilayah ini merupakan pusat semua industri penting di Cina.

Cina memiliki iklim yang beragam, berdasar pada kondisi alam masing-masing wilayah. Pada musim dingin udara kering dan dingin berhembus dari arah plato barat laut. Pada musim panas, udara yang basah dan hangat berhembus dari arah tenggara ke pedalaman daratan. Musim dingin berlangsung lebih lama dari pada musim panasnya.

Ciri ekonomi di RRC adalah Sosialisme. Kepemimpinan China sejak akhir 1978, telah terjadi reformasi ekonomi (ekonomi terencana Soviet ke ekonomi yang berorientasi pasar).Untuk itu para pejabat meningkatkan kekuasaan pejabat lokal dan memasang manajer dalam industri, mengizinkan perusahaan skala-kecil dalam jasa dan produksi ringan, dan membuka ekonomi terhadap perdagangan asing dan investasi.

Budaya China merupakan satu dari budaya paling tua dan kompleks di dunia. Wilayah penyebaran dominan budaya ini meliputi daerah geografis yang luas dengan kebiasaan dan tradisi yang sangat bervariasi anatara kota dan provinsi di China. Banyak budaya dan tradisi yang ada di China ini, seperti musik, kepercayaa, seni, dan lain sebagainya.

Masakan Cina adalah kuliner yang dihasilkan oleh orang Tionghoa, baik yang ada di Tiongkok, maupun yang ada di perantauan, termasuk di Indonesia. Namun, masakan Tionghoa yang diperkenalkan kepada banyak bangsa di dunia mayoritas merupakan masakan etnis Han. Pengaruh masakan etnis Han ada di setiap kuliner negara-negara timur dan menyebar di luar komunitas-komunitasnya di seluruh dunia. Filosofi masakan Tionghoa adalah makanan harus memuaskan selera dan melengkapi rasa, betapapun sederhana bahan-bahannya.

Manajemen pendidikan di Cina ialah tersentralisasi, mulai dari level pusat, propinsi, kotamadya, kabupaten dan termasuk derah otonomi setingkat kotamadya. Pendidikan di Cina terdiri atas empat sektor yaitu basic education, technical dan vocational education, higher education dan adult education. Di samping itu juga terdapat pendidikan prasekolah yang materinya meliputi permainan, olah raga, kegiatan kelas , observasi, pekerjaan fisik, serta aktivitas sehari-hari.

Referensi :
http://geografisku.blogspot.co.id/2016/03/letak-luas-dan-keadaan-alam-negara-cina.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Rakyat_Tiongkok
http://mikeportal.blogspot.co.id/2013/05/republik-rakyat-china.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Masakan_Tionghoa
http://www.bukucatatan.net/2016/03/ternyata-sistem-pendidikan-di-cina.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar