Kamis, 11 Februari 2010

BELAJAR EKOSISTEM DI HUTAN PINUS

Pada tanggal 03 Februari 2010, kami kelas 7 akan mengikuti kegiatan study tour yang bertempat di Hotel Sativa, Pacet. Pukul 07.00, kami berkumpul di halaman SMP TNH. Setelah berkumpul di halaman, kami semua naik ke bus dan berangkat. Selama perjalanan, kami bersenda gurau. Ada yang mendengarkan musik, ada yang bercerita, ada yang makan kue, dan lain sebagainya. Rasanya kami semua tidak sabar ingin cepat-cepat sampai di tempat tujuan.

Tak lama kemudian akhirnya kami sampai di Hotel Sativa. Kami turun dari bus dan menghirup udara segar yang ada disana. Di sana kami dipandu oleh Kak Eko. Orangnya sangat baik dan ramah. Kami berkumpul di pendapa. Di pendapa, kami diberi tahu bagaimana susunan acara sewaktu study tour. Lalu kami berkumpul dengan kelompok masing-masing. Pertama-tama kami diberitahu cara membuat pupuk kompos. Setelah itu kami mempraktekanya bersama kelompok masing-masing. Setelah membuat pupuk kompos, kami menuju hutan pinus. Ternyata jalan menuju hutan pinus sangat terjal dan licin. Setelah itu kami menyebrangi sungai dan akhirnya kami sampai di hutan pinus.

Disana kami belajar tentang ekosistem hutan pinus. Disana kami menemukan berbagai macam hewan dan tumbuhan. Setelah selesai kami pergi ke sungai. Kami bermain disana sepuas hati. Saat di sungai teman kami ada yang terpeleset. Tapi untungnya dia tidak kenapa-napa. Kami bermain sangat lama. Kami pun kembali ke tempat yang disediakan untuk meletakkan barang-barang kami. Kemudian kami semua mandi. Setelah mandi kami makan siang di pendapa. Di pendapa kami diajarkan tentang ekosistem sambil makan makanan ringan. Kami juga diputarkan film tentang bumi kita yang terkena pemanasan global.

Setelah membahas tentang ekosistem di pendapa, kami haus mempresentasikan hasil ekosistem hutan pinus. Setelah mempersentasikannya, kami membereskan semua barang kami kemudian berkumpul di depan pendapa untuk bersiap-siap pulang. Setelah itu kami berjaln menuju bus. Lalu kami pulang. Mungkin bagi anak- anak yang lain, study tour tersebut kurang menyenangkan. Tapi study tour itu juga digunakan untuk penilaian pelajaran biologi.

NAMA : ELLEN VALENTINA S.