Rabu, 10 Februari 2010

SEMALAMAN MENGAMATI BINTANG

Study tour adalah kegiatan belajar sambil wisata. Seperti yang dilaksanakan oleh SMP TNH hari Rabu tanggal 03 Februari 2010 kemarin. Study tour ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII dan disertai guru pendamping.

Pertama,seluruh siswa SMP TNH diminta hadir 15 menit sebelum keberangkatan bus. Keberangkatan bus pukul 06.30, setelah seluruh siswa masuk ke dalam bus,kami melanjutkan perjalanan ke museum TNI akademi angkatan laut (TNI AAL). Museum ini dulu bernama “Loka Jala Crana”, setelah sampai...kami diwajibkan berkumpul di ruang utama untuk menerima pengarahan dari petugas museum tersebut. Kemudian, kami memulai berkeliling untuk mendata semua benda yang dijelaskan oleh para petugas.

Setelah selesai mengambil data dari museum, kami memasuki sebuah ruangan yang berbentuk kuba. Tempat tersebut dinamakan “Planetarium”. Planetarium mempunyai beberapa proyektor yang bisa digunakan untuk melihat berbagai rasi bintang. Kemudian, setelah para siswa mendapati tempat duduk masing-masing,petugas menjelaskan bahwa, tidak boleh terdapat cahaya di dalam planetarium. Kemudian kami melihat bintang pada kegelapan hingga matahari terbit. Rasanya telah semalaman kami mengamati bintang-bintang di angkasa.

Seluruh siswa-siswi SMP TNH melanjutkan perjalanan menuju kapal KRI Slamet Riyadi yang bernomor lambung “352”. Di sana, para awak kapal menjelaskan benda-benda yang menarik yang ada dalam kapal KRI.

Tujuan akhir study tour kami adalah “Tugu Pahlawan”. Di sana kami dijelaskan bahwa terdapat patung-patung tokoh pahlawan. Kami memasuki lorong bawah tanah yang dalamnya 7 meter. Petugas Tugu pahlawan juga mengajak kami untuk melihat diorama “10 november”.

Setelah study tour kami berakhir, kami semua menuju PTC. Kami sepakat akan kembali ke bus pukul 18.30. Tak disangka hujan turun dengan lebat. Banyak siswa yang kehujanan sewaktu mereka kembali ke bus. Setelah semua siswa kembali ke bus, kami melanjutkan perjalanan pulang ke Mojokerto hingga pukul 20.15 .Usai lah sudah Study tour kami ke Surabaya........^^ (Eilien Ivana)