Kamis, 17 September 2015

BENTENG PANCASILA, PUSATNYA CAR FREE DAY KOTA MOJOKERTO

LAPORAN OLEH: TONI KRISTIANDARU 

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Car Free Day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor atau pun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.

Di Kota Mojokerto kegiatan Car Free Day rutin diadakan. Program ini sudah dimulai sejak tahun 2010, kendaraan dilarang masuk sejak pukul 5 pagi dan dibuka kembali pukul 9 pagi. Lokasinya berada di Jalan Benteng Pancasila. 

Dalam kegiatan ini banyak pedagang kaki lima diantaranya penjual makanan, mainan, dan pakaian. Tujuan Car Free Day Ini sebenarnya untuk orang yang ingin berolahraga. Tetapi pada waktu saya berjalan jalan disana pada hari Minggu pagi lebih banyak orang yang berjualan daripada orang yang berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar