Kamis, 10 September 2015

PROFIL TOKOH: KEVIN BRIANTO DEWANGGA

Tokoh kita yang menjadi berita kali ini adalah Kevin Brianto Dewangga. Cowok yang akrab disapa KBD ini sudah tidak asing lagi di kalangan penggila olah raga catur Kota Mojokerto. Apalagi di kalangan siswa SMP TNH Mojokerto. Beberapa saat yang lalu, saat lomba 17 Agustus, ia berhasil melawan sepuluh orang sekaligus dalam pertunjukan lomba catur. Ternyata tidak hanya hebat di tingkat sekolah, siswa yang kini duduk di kelas IX SMP TNH ini juga mampu unjuk gigi di tingkat Kota Mojokerto hingga tingkat nasional. Barangkali banyak pembaca yang belum tahu secara persis kiprahnya di dunia catur, tulisan ini semoga bisa memberikan tambahan informasi.
Ketika tim WARTA TNH melakukan wawancara khusus kepada KBD, dia mengatakan bahwa dirinya belajar catur sejak kelas dua SD. Sejak saat itu, KBD sudah masuk dalam klub catur yang ada di Kota Mojokerto, Kuda Troya. Sejak bergabung dengan klub itulah kemampuan KBD dalam bermain catur semakin meningkat. Selain belajar di klub, KBD juga belajar sendiri di rumah dengan mendatangkan pelatih privat ke rumahnya.
Sejak kelas IV SD, KBD secara rutin mewakili Kota Mojokerto dalam Kejuaraan Tingkat Provinsi. Kecuali ketika duduk di kelas VI, KBD tidak bisa mewakili Kota Mojokerto karena dia harus konsentrasi menghadapi ujian. Di tahun 2011, KBD berhasil meraih peringkat III provinsi. Karena berhasil meraih peringkat ketiga, secara otomatis KBD mewakili provinsi Jawa Timur maju ke tingkat nasional dengan biaya dari provinsi. Perhelatan ditingkat nasional yang bertajuk Kejuaraan Nasional Piala Menpora itu menempatkan KBD di peringkat IX tingkat nasional. Sebuah prestasi yang membanggakan tentunya.
Ketika ditanya strateginya dalam menguasai permainan catur tersebut, KBD mengatakan bahwa ada beberapa tips untuk bermain catur. Pertama, pelajari dahulu teknik-teknik dasar dalam bermain catur. Teknik-teknik dasarnya bisa dicari di internet atau membaca buku cara bermain catur. Kedua, sering berlatih bermain catur. “Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar catur, namun peran pelatih tetaplah yang terpenting,” demikian kata KBD. Itulah tips untuk bermain catur dengan baik. Jika belajar bermain catur dengan baik maka kita bisa mengikuti kompetisi-kompetisi catur.
Ketika ditanya tentang pengalamannya dalam pertandingan eksibisi menghadapi 10 orang sekaligus di SMP TNH, KBD mengatakan bahwa pengalaman itu lumayan berat. Hal ini karena pikirannya terpecah menghadapi 10 papan catur sekaligus. Sementara itu, musuh-musuhnya juga bukan sembarang orang. Ada juara catur O2SN tingkat SMA se-Kota Mojokerto, Christoper. Tetapi semuanya bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 2 jam.
Bulan September tahun 2015 ini, KBD juga kembali mewakili Kota Mojokerto maju dalam Kejuaraan Catur Tingkat Provinsi. “Mohon doa restunya, agar Oktober nanti saya bisa maju ke tingkat nasional,” demikian pintanya mengakhiri wawancara. Semoga saja menang dan menjadi kebanggaan Kota Mojokerto dan provinsi Jawa Timur. (ditulis oleh ANASTASIA DEWANI PUTRIJANDRIO, diedit oleh : BLASIUS P.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar