Kamis, 19 Januari 2017

UNBK (UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER) TAHUN 2017

   

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaanya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini telah berjalan. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan ke server lokal, kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal secara offline.

   Pada tahun 2017 ini, SMP dan SMA TNH untuk pertama kalinya juga akan mengikuti UNBK. Untuk keperluan itu, jumlah komputer yang harus disediakan adalah 1/3 dari jumlah peserta. Karena ruang komputer yang dimiliki sekarang tidak cukup untuk bayak komputer yang diperlukan, maka pelaksanaan UNBK akan diadakan di aula SMA TNH. Jadi untuk seterusnya ruang komputer akan menempati ruangan yang dulunya merupakan aula. Sedangkan untuk aula sudah dibangun gedung baru dan akan berada di lantai 2.

Pelaksanaan UNBK akan dilaksanakan dalam waktu yang berbeda untuk SMA dan SMP. Karena jumlah komputer hanya sekitar 30 persen dari jumlah siswa, dalam sehari UNBK akan dilaksanakan dalam 3 sesi. Terdapat waktu pagi, siang, dan sore. UNBK juga terdapat 2 gelombang. Untuk jenjang SMP, gelombang pertama UNBK akan dilaksanakan tanggal 2,3,4, dan 15 Mei 2017. Sementara untuk gelombang kedua, UNBK dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017. 

Untuk kabar selanjutnya, kita ikuti saja prosesnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar