Kamis, 27 September 2012

LAPORAN PERJALANAN SELAMA REKOLEKSI DI POHSARANG

Para siswa SMP TNH yang beragama Katolik melaksanakan kegiatan rekoleksi  pada tanggal 22-23 September 2012.  Mereka berjumlah kira-kira 48 anak. Pada pukul 13.00 mereka berangkat. Oleh karena itu, mereka sudah harus berkumpul di sekolah sebelum jam 13.00. Mereka didampingi oleh beberapa guru yang berasal dari SMP TNH, seperti Pak Petrus, Pak Jaka, Pak Dion, dan Bu Jessica. Pak Petrus memimpin doa sebelum berangkat menuju Wisma Betlehem, Posarang. Setelah berdoa mereka berangkat dengan menaiki 1bus dan 1 ELV. Beberapa siswa ada juga yang membawa mobil.

        Setelah sampai di Wisma Betlehem, mereka segera mencari dan masuk kamarnya. Maklumlah mereka sudah sangat capai, karena perjalanan dari Mojokerto-Posarang kira-kira 4 jam. Pak Petrus juga memperbolehkan para siswa untuk istirahat kira-kira 1 jam. Mereka lalu menggunakan waktu tersebut untuk mandi dan beristirahat sejenak.

        Setelah ada bunyi bel yang menunjukkan para siswa sudah harus menjalani kegiatan rekoleksi kembali, mereka segera m,enuju tempat makan. Di ruang makan mereka memakan snake. Selesainya mereka langsung menuju aula untuk menjalani kegiatan selanjutnya. Di aula mereka berdoa. Doa itu dipimpin oleh Pak Petrus. Ketika doa sudah selesai, para siswa langsung pergi ke ruang makan untuk makan malam. Setelah itu, mereka diijinkan beristirahan walaupun cuma sekitar 10 menit.

     Pada pukul 20.00, mereka melaksanakan melihat film yang berjudul Indah Pada Waktunya. Melihat film itu tidak cukup lama karena hanya memakan waktu sekitar 2 jam. Kemudian para siswa pergi ke Gua Maria yang terletak kira-kira 100-200 meter dari wisma. Mereka berdoa rosario di depan patung Bunda Maria. Selesai berdoa para siswa nengambil air suci yang terletak tidak jauh dari patung Bunda Maria.

        Setelah itu, mereka pulang. Ada juga yang masih ingin berjalan-jalan. Tetapi kebanyakan dari mereka langsung pulang dan menuju ke kamarnya. Mereka yang menuju kamarnya bukan ingin tidur, tetapi mereka bermain dengan HP mereka masing-masing. Bahkan ada yang begadang sampai jam 01.00 atau lebih.Mereka mengobrol dengan teman lainnya yang juga belum tidur. Padahal mereka besoknya sudah harus bangun pagi.

            Keesokan harinya, kebanyakan dari siswa-siswa itu bangun pukul 05.00. Karena mereka sudah,harus melakukan kegiatan selanjutnya pukul 06.00. Setelah mereka bersip-siap, mereka segera pergi ke aula. Mereka melaksanakan doa pagi. Selesainya mereka boleh makan pagi. Kegiatan-kegiatan lainnya dijalanidengan baik dan tertib. Salah satunya pada waktu missa di gereja. Mereka menjalaninya cukup baik,walaupun bahasa yang digunakan pada waktu misa adalah Bahasa Jawa. Kebanyakan dari mereka tidak mengerti, tetapi mereka tetap mau missa. Setelah misa mereka boleh belanja.

        Selesainya belanja mereka makan siang dan kemudian pulang. Mereka harus di dalam bus atau ELV lagi selama kurang lebih 4 jam. Tetapi ketika sudah sampai di sekolah kembali mereka bersyukur karena bisa selamat sampai di Mojokerto. Mereka juga senang bisa kembali ke rumahnya lagi dan berkumpul bersama-sama dengan keluarganya. Para siswa juga senang bisa mendapat pelajaran dari kegiatan rekoleksi ini.

                                                                                                        Vania Carla Devina
                                                                                                                    7C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar