Minggu, 20 Maret 2011

UPACARA PEMBINAAN UJIAN NASIONAL

Mojokerto (WARTA TNH) – Senin, 21 Maret 2011 yang lalu terasa spesial bagi para siswa SMP TNH utamanya para siswa kelas IX. Pada hari itu, Bapak Ir. H.Abdul Gani Soehartono, M. M (Walikota Mojokerto) berkenan hadir dalam upacara pembinaan ujian nasional SMP/Mts Rayon 05 Sub Rayon 05 Kota Mojokerto. Upacara pembinaan ujian nasional ini telah berjalan sejak 5 tahun lalu.Biasanya kegiatan ini diadakan di SMP – SMP se-kota Mojokerto secara bergiliran.

Pada hari tersebut, raut – raut wajah tegang tampak di muka setiap petugas upacara, mulai dari protokol, pengibar bendera, petugas kompi, pemimpin upacara, pembaca doa, pembaca pembukaan UUD 1945 hingga pembawa Pancasila. Begitu pula wajah para guru yang terlibat dalam persiapan upacara tersebut. Mereka khawatir jika tiba – tiba soundnya rusak atau ada kesalahan memalukan seperti salah ucap dll. Hal ini dirasa wajar karena ini merupakan pengalaman pertama bagi SMP TNH.

Pukul 06. 50, para petugas telah bersiap – siap di lapangan upacara. Tak lama kemudian peserta upacara yang berasal dari 5 SMP di Kota Mojokerto, antara lain SMPN 2, SMPN 9, Mts. Brawijaya, SMPN PGRI, serta SMP TNH, memasuki lapangan upacara.Beberapa menit kemudian petugas protokol dari pemerintah kota hadir dan mengecek persiapan akhir SMP TNH dalam upacara ini. Setelah dirasa siap, sambil menunggu kedatangan Wali Kota sebagai pembina upacara hadir , para petugas melakukan geladi bersih terlebih dahulu.

Pukul 07. 15, Bapak Walikota pun datang dengan mobil hitam beserta pejabat-pejabat yang mendampingi kemudian turun dan memasuki lapangan upacara sebagai pembina upacara. Upacara berlangsung dengan tertib dan disiplin. Saat memberikan amanat, Bapak Walikota mengatakan pada semua peserta upacara agar rajin belajar supaya bisa lulus. Selain itu, beliau juga melontarkan lelucon yang disambut dengan derai tawa peserta upacara.

Pukul 07.40, upacara pun berakhir. Bapak Walikota beserta para pejabat meninggalkan SMP TNH. Menurut petugas dari dinas, pelaksanaan upacaranya sudah bagus. Hal itu tentu melegakan seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan upacara ini. Karena dengan persiapan yang hanya 3 hari saja sudah menghasilkan sesuatu yang baik.

Usai upacara, semua petugas upacara berfoto ria dengan gaya yang lucu – lucu. Bahkan, pemimpin upacaranya, Tommy Sanjaya, tampak seperti foto model. Guru-guru pun juga ikut berfoto dengan pose yang tak kalah menarik dari murid – muridnya. Semuanya tampak ceria karena telah berhasil melaksanakan tugas berat yang diemban dengan sukses. (by Rani and Tasya 8a)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar