Kamis, 10 Maret 2011

MANFAAT EKSKUL

Sebagian murid – murid SMP TNH mengikuti ekstrakulikuler untuk mengisi waktu luangnya, namun ada juga beberapa anak yang tidak mengikuti ekstrakulikuler. Beberapa orang tua murid meremehkan arti “ekstrakulikuler”. Mereka berpendapat bahwa mengikuti ekstrakulikuler adalah alasan anak mereka untuk bertemu dan bermain dengan teman – temannya. Pendapat itu diperkuat dengan bukti bahwa adanya beberapa murid yang mengikuti ekstrakulikuler tidak langsung pulang ke rumahnya setelah ekstrakulikuler tersebut selesai, bahkan ada yang pulang sekitar pukul 21.00. Padahal tujuan sesungguhnya dari ekstrakulikuler adalah supaya murid – murid dapat mempraktekkan teori – teori yang pernah mereka pelajari sehingga mereka bisa lebih terampil. Namun kenyataannya ada juga yang menyalahgunakan tujuan itu.

Tetapi sebenarnya banyak sekali pengaruh positif dari ekstrakulikuler, contohnya :
1. Dapat mengembangkan bakat
Pengaruh ini sering terdapat pada ekstrakulikuler seni budaya, sepert seni musik dan seni menggambar, tetapi tidak semua bakat itu hanya musik dan seni menggambar, ada juga yang berbakat dalam hal jurnalistik, olahraga, dll.

2. Dapat memberikan motivasi yang baik untuk para pelajar
Motivasi ini antara lain bisa membuat para pelajar mempunyai berbagai macam ide yang menarik. Seperti halnya pada bidang seni musik. Ini bisa memberi ide untuk membuat sebuah lagu yang menarik. Pada bidang menggambar, dll.

3. Dapat mengetahui bakat pelajar
Hal positif ini terjadi tergantung dari banyak nya ekstrakulikuler yang diikuti oleh pelajar. Semakin banyak ekstrakulikuler yang diikuti semakin menonjol bakat tersebut, bahkan bakat tersebut dapat bertambah. Tetapi kita sendiri juga harus pandai mengatur waktu, karena jika kita tidak bisa mengatur waktu, jadwal kita bisa berantakan dan kita juga akan kewalahan dalam mengikuti ekstrakulikuler.

4. Pengisi waktu senggang
Bagi anak yang tidak mengikuti ekstrakulikuler atau mengikuti kursus, mungkn mereka hanya akan tidur-tiduran di rumah atau bermain dengan teman-temannya. Itu hanya akan menjadikan mereka individu yang malas. Ekstrakulikuler dapat mengisi waktu luang itu, dengan mengikuti ekstrakulikuler, kita dapat belajar sekaligus bermain sehingga waktu luang kita tidak terbuang sia-sia.

Dan masih banyak lagi pengaruh positif dari ekstrakulikuler. Tetapi kita sebagai pelajar sebaiknya tidak menyalahgunakan pentingnya ekstrakulikuler. Disamping kita merugikan orang tua karena cemas, kita juga merugikan diri kita sendiri. Jika kita terlalu lelah karena ekstrakulikuler, kita bisa saja tidak dapat berkonsentrasi dalam belajar atau bahkan terserang penyakit dan kita tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Prestasi tidak hanya didapat dari olimpiade, tetapi ekstrakulikuler juga dapat mendatangkan prestasi yang tinggi. Karena itu janganlah malas mengikuti ekstrakulikuler.

By : Giovanny Audri Nechita & Ellen Valentina Santoso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar