Kamis, 31 Maret 2011

MASA REMAJA, MASA PERSIAPAN


oleh Ruth Sheryl

Remaja, asyik kedengarannya kita memasuki masa yang penuh dengan tawa sekaligus derai tangis ini. Sebagai anak remaja yang berkualitas, para penerus generasi muda, kita harus mempersiapkan diri kita baik-baik secara matang agar kita tidak menyesal nantinya. Apa masalah para remaja? Apa yang perlu disiapkan? Mari kita bahas...

Masalah

  • Dengan orang tua

    Dimarahi, dinasehati, itulah ''ocehan'' papa maupun mama kepada kita yang hampir setiap hari kita nikmati. Cara mengatasi nya gampang, turuti saja apa kata orang tua walaupun itu memberatkan. Tidak mudah memang, menuruti semua apa kata orang tua. Sikapnya yang agak kekanak-kanakan bertentangan dengan kita yang mungkin ''sok dewasa''. Walaupun demikian, kita tidak boleh melawan atau membantah orang tua kita.

  • Dengan teman, guru, dan lingkungan sekolah

    Bermain, bertengkar, hingga saingan pun kita lalui bersama dengan teman kita. Sulit memang mengalah dengan teman yang terlanjur membuat sakit hati kita. Melalui masa peralihan terasa berat memang, kita tidak kanak-kanak lagi tetapi kita juga belum dewasa. Berbagai problem kita hadapi di masa ini. Sekolah pun jadi rumah kedua bagi kita. Banyaknya aktivitas maupun tugas sekolah adalah tanggung jawab yang harus kita selesaikan dengan baik dan segera. Berhubungan dengan guru, guru adalah pengganti orang tua kita saat di sekolah. Berpengalaman dengan guru killer memang sangat ''menakutkan'' tetapi juga memberikan kesan yang seru. Mengumpulkan tugas dengan tepat waktu serta mendapat nilai baik adalah suatu kebanggaan tersendiri yang dirasakan oleh guru kita. Buatlah guru tersenyum dan bangga kepada kalian.

Yang perlu disiapkan

  • Fisik

Mengkonsumsi vitamin adalah cara termudah untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Cuaca yang sering berubah-ubah memudahkan virus-virus memasuki tubuh kita. Gak lucu kan, kalo kita akan tampil di pentas seni lalu terkena flu? Maka dari itu, selalu mengkonsumsilah makanan yang sehat dan dibantu vitamin akan memperkuat pertahanan diri kita dari serangan virus.

  • Mental

Sebagai para generasi penerus bangsa, kita juga harus mempersiapkan mental yang kuat. Jiwa yang tegar, membuat kita tidak mudah putus asa dan selalu mencoba hal-hal baru yang tentunya hal positif. Dicaci dan dimaki tentu hal yang menyayat hati setia orang yang menerimanya. Maka dari itu diperlukan latihan mental. Iman juga sangat diperlukan di masa remaja ini. Godaan syetan siap datang menghancurkan mimpi-mimpi kita. Seperti memakai narkoba, bertindak kriminal, juga pergaulan bebas, semua itu datang dari iman kita yang mulai runtuh. Maka dari itu, dekat dengan Tuhan dan orang tua kita adalah jalan terbaik.

Itulah sedikit tips dari saya. Semoga dapat membantu kalian semua. Berjuanglah menjadi generasi penerus bangsa yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar