Kamis, 06 Agustus 2015

MENJELANG PERINGATAN 17 AGUSTUS DI SMP TNH

Wah! Tidak terasa waktu berjalan. Sebentar lagi sudah tanggal 17 Agustus. 17 Agustus adalah tanggal dimana Indonesia merdeka. Aku mau cerita sedikit mengenai sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia nih...

Pada tanggal 6 & 9 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang. Bangsa Indonesia pun memanfaatkan keadaan ini untuk memproklamasikan kemerdekaan. Jepang yang sudah berada di ambang kekalahan akhirnya menyetujui dan akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pun segera menyiapkan text proklamasi.

 Nah, pada waktu itu ada perdebatan hebat antara golongan pemuda dengan golongan tua, guys. Walaupun sama-sama menginginkan Indonesia cepat merdeka, tapi mereka menginginkan merdeka dengan cara mereka sendiri. Golongan tua berpendapat bahwa Bangsa Indonesia dapat merdeka tanpa pertumpahan darah, jika tetap bekerja sama dengan Jepang. Sedangkan golongan muda menginginkan kemerdekaan secepat-cepatnya. Mereka tidak peduli bila terjadi pertumpahan darah! Setelah melakukan perdebatan hebat, akhirnya diputuskan-lah bahwa bangsa Indonesia dapat merdeka tanpa perang.

I.R soekarno dan para pemimpin lain segera menyelesaikan naskah teks proklamasi itu dan membicarakan kapan mereka bisa melaksanakan proklamasi kemerdekaan. Akhirnya, dipilihlah rumah Bung Karno sebagai tempat melaksanakan proklamasi, dan mereka semua setuju bahwa proklamasi kemerdekaan akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

pada tanggal 17 Agustus 1945, I.R Soekarno dan Drs. Moh. Hatta mengumumkan kemerdekaan Indonesia di rumah I.R Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Bendera Merah Putih jahitan tangan Ibu Fatmawati-pun, turut dikibarkan. Maka dari itu, 17 Agustus dinyatakan sebagai hari kemerdekaan Indonesia.

back to the story...
Nah.... biasanya pada hari besar ini sekolah kita mengadakan berbagai macam perlombaan. Diantaranya; ada lomba makan kerupuk, lomba bakiak, lomba tangkap belut, lomba memasak, menggambar, dan masih banyak lagi. SMP TNH juga biasanya mengadakan lomba basket dan futsal antar kelas. Pada tahun ini SMP TNH juga akan mengikuti Carnival, Lomba gerak jalan, dan lomba sepeda hias.

Pada lomba-lomba ini, para pemenang akan mendapatkan hadiah dan dapat mewakili sekolah untuk lomba-lomba yang diadakan selanjutnya, baik di tingkat kota; maupun provinsi. Kalaupun tidak menang, para peserta lomba juga bisa mendapatkan pengalaman baru dengan teman-teman.
Seru kan??? Makanya, tunggu berita selanjutnya ya...

Oleh : Cherish Ravella K

Tidak ada komentar:

Posting Komentar