Kamis, 20 Oktober 2011

BAHASA JAWA DI SMP TNH

(WARTA TNH, Mojokerto, 20 Oktober 2011)
Hari Selasa pada saat jam pelajaran Bahasa Jawa di kelas 8, Pak Joko alias Pak Jack memberitahukan bahwa di SMP TNH akan menggunakan bahasa jawa dalam bertemu guru, bertanya dimana meja guru, memberi salam kepada guru. Tujuan berbicara siswa berbahasa jawa adalah ingin mengembangkan bahasa dan budaya jawa kepada warga SMP TNH. Hal ini sudah mulai dipraktekkan siswa dan membuat tamu yang datang dari Jakarta menjadi terkesan dan memuji SMP TNH pada saat rapat di aula kabupaten.
Ada beberapa siswa yang belum bisa mempraktikkan bahasa jawa tetapi mereka belajar untuk melakukannya. Ada juga siswa yang bingung mau bicara bagaimana ketika ingin membeli sesuatu di ruang Tata Usaha, bukannya bertanya malah kabur keluar karena takut dimarahi. Para siswa diajarkan cara memberi salam ketika bertemu dengan guru contohnya saja Sugeng Siang, Pak.
Pak Joko menjelaskan saat masuk ke ruang guru harus ketuk pintu terlebih dahulu dan bilang nuwun sewu(permisi), jika murid ingin membeli penggaris, murid berkata “Pak atau Bu kula tumbas garisan.”, ketika ingin bertanya berapa harganya murid harus berkata “Pinten reginipun?.” dan yang terakhir murid mengucapkan matur nuwun (terima kasih).
Hal ini mungkin sepele tapi ini perlu dikembangkan. Banyak juga murid yang keliru mengucapkannya dan mereka harus mengulanginya lagi sampai benar.

Felly Yunita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar