Kamis, 16 Februari 2012

Arti Sebuah Persahabatan yang Sebenarnya

Sahabat. Setiap orang pasti mempunyai sahabat. Tapi, bagaimanakah arti sahabat yang sebenarnya? Dalam artikel ini akan dibahas apa itu “Sahabat”.
Teman kita dalam senang? Sahabat. Teman kita dalam sedih? Hmmm, mungkin sahabat 'abal-abal' tidak ingin mengetahui keadaan kita saat itu. Tapi sahabat yang benar-benar sahabat, mengerti keadaan hati kita tanpa kita memberitahunya.
Apa fungsi sahabat? Bukan hanya menemani saat di sekolah atau tempat kerja, sahabat juga merupakan tempat curhat alias curahan hati. Tapi, sahabat juga bukan hanya pendengar, tetapi pemberi solusi dan motivasi. Kita sebagai sahabatnya juga harus melakukan hal serupa.
Saat senang kita pasti akan cerita ke sahabat. Entah sedang mendapatkan pacar baru, mendapat hadiah, memperoleh nilai ulangan yang bagus, atau apalah. Tapi sahabat bisa juga menganggap hal ini bukan suatu cerita kebahagiaan, tetapi si pencerita dianggap pamer. Jadi kesimpulannya, saat kita berbicara nada kita jangan mencapai suatu nada kesombongan. Tetapi berbicaralah dengan nada biasa. Biar ekspresi wajah kita yang menjelaskannya.
Sedih? Sahabat benar-benar tempat curahan hati yang pas. Terkadang kita malu menceritakan masalah kita kepada orang tua. Lah, disinilah penting untuk memilih sahabat yang benar-benar bisa menjaga rahasia kita. Kita bisa menangis, menjerit, atau bahkan mengekspresikan emosi kita saat bercerita ke sahabat.
Apa ciri-ciri sahabat yang baik? Ini dia:
  • Berusaha untuk menjaga rahasia dengan sangat baik
  • Tidak berusaha mencelakai sahabatnya
  • Mau diajak curhat
  • Harus bisa memberi solusi disaat ada masalah
  • Menjadi motivator
  • Tidak terlalu pamer kelebihannya
  • Menjaga perasaan kita dengan tidak membentak atau berkata-kata kotor
  • Menghargai kita

Jika sahabat kita melakukan itu, kita juga harus melakukannya.

Apakah sahabat anda tidak seperti ciri-ciri diatas? Yap. Dia bukanlah sahabat yang baik, bisa-bisa dia hanya memanfaatkan anda dengan segala kelebihan yang anda miliki. Sahabat juga berusaha menyenangkan dan tidak mengecewakan hati anda. Bila anda menmpunyai sahabat yang tidak mengerti anda, buat apa dipertahankan? Carilah sahabat yang benar-benar mengerti siapa dan bagaimana anda.

Persahabatan yang sehat juga bukan didasari berapa lama bersahabat. Semua persahabatan harus didasari kepercayaan dan kejujuran. Tidak lupa kita juga harus menyayangi sahabat kita. 'Sharing' itu amat sangat penting dalam persahabatan. Kalau kita jarang berbagi dengan sahabat kita, apalah arti sebuah persahabatan?

Jadi, bagaimana hubungan persahabatan anda? Apakah dia seperti ciri-ciri sahabat yang baik diatas? Hanya anda yang bisa menentukan ^.^
GBU

(Sheryl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar