Rabu, 01 Februari 2012

TANGGUL BRANTAS PERBATASAN MOJOKERTO - SIDOARJO JEBOL


(Kamis, 2 Februari 2012)

    Selasa, 31 Januari kemarin, tanggul Sungai Brantas Jebol. Tanggul yang jebol itu terletak di Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Jebolnya tanggul ini menyebabkan lalu lintas antara Surabaya-Mojokerto-Lamongan terhambat. Selain menghambat lalu lintas, jebolnya tanggul ini juga menyebabkan sebuah tiang listrik masuk ke dalam sungai.

    Tanggul yang jebol sepanjang kurang lebih 10 meter itu, diduga disebabkan oleh penggalian pasir ilegal di kawasan Sungai Brantas. Selain itu, hujan deras dan arus sungai yang deras juga merupakan penyebab jebolnya tanggul tersebut.

    Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Mojokerto belakangan ini, dikhawatirkan tanggul yang jebol akan semakin meluas. Dan jika hal itu terjadi,3 kecamatan di sekitar Sungai Brantas terancam banjir.

    Sementara ini, Pemerintah Kabupaten Mojokerto masih mengutamakan tanggul artifisialatau tanggul darurat. Untuk membuat tanggul darurat tersebut, pemerintah menggunakan 300 batang besi dan 1000 karung plastik berisi pasir. Diperkirakan tanggul darurat ini akan selesai dalam 2 pekan. Dan, untuk pembuatan tanggul permanen akan dilakukan ketika musim kemarau tiba. (Melisa 8A)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar