Kamis, 02 Februari 2012

UJIAN? SIAPA TAKUT!!!

UJIAN! Mungkin bagi sebagian orang terutama para perlajar hal ini adalah hal yang paling dibenci. Mengapa? Karena ujian membuat pelajar harus belajar ekstra supaya memperoleh nilai yang memuaskan. Akibat ujian, siswa juga dapat tidak naik kelas. Waw.. sungguh menakutkan. Eits.. jangan khawatir! Kali ini akan saya bahas cara belajar yang enak dan sangat mudah!

1.Cukup Istirahat
    Istirahat adalah hal yang sangat penting untuk kita. Jika kita kekurangan istirahat, maka otak akan menjadi lelah dan apapun yang kita baca akan sulit untuk dihafal.
2.Banyak minum air
    Mungkin agak aneh tapi, ini benar-benar berkhasiat! Otak memerlukan oksigen untuk berpikir. Selain melalui udara, otak juga harus menerima oksigen dari air mineral. Sebanyak kurang lebih 70% tubuh kita tersusun dari air.
3.Meringkas
    Cara ini adalah cara paling efektif untuk belajar. Meringkas adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam sajian yang singkat . Selain itu, kalian juga dapat meringkas dengan menggunakan spidol warna. Otak dapat lebih mudah menangkap tulisan yang berwarna-warni dari pada hanya dengan satu warna.
4.Asyik
    Apa yang dimaksud asyik? Maksudnya, kita harus menganggap pelajaran yang kita pelajari cukup asyik untuk dipelajari. Mengapa? Jika kita menganggap suatu hal dengan mood yang kurang enak, maka hal itu akan membuat kita menjadi benci dengan hal tersebut. Jadi, kita harus membuat suatu pelajaran menjadi mengasikkan untuk dipelajari. Itu dapat mempengaruhi pikiran kita agar apa yang kita pelajari cepat untuk dihafalkan.
5.Buat prinsip
    Kita harus membuat prinsip bahwa kita harus memperoleh nilai yang bagus. Hal ini akan memotivasi kita untuk terus belajar. Kita juga harus rajin, pintar membagi-bagi waktu. Jikalau perlu buatlah jadwal kegiatan kita. Eits.. jangan lupa untuk dilakukan. Jangan cuma buat terus gak dilakuin. Itulah gunanya prinsip :D
6.Cuek
        Apa yang dimaksud cuek? Maksudnya, kita harus cuek terhadap godaan seperti : malas, diajak bermain, menonton TV, dll.
7.  Berdoa
        Ini adalah hal yang paling penting! Sebesar apapun usaha kita dalam belajar, kita harus tetap berdoa kepada Tuhan. Kita harus yakin dan percaya bahwa Tuhan akan menolong kita disaat kita butuh pertolongannya.
    Gimana tips-tispsnya? OK kan? Mangga dicoba :D

    Klemens Sunaryo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar