Senin, 13 Februari 2012

Berwisata dan Belajar di Luar Sekolah


WARTA TNH – Rabu lalu, tepatnya tanggal 9 Februari 2011 terlihat tidak ada aktifitas belajar mengajar di kelas 8 maupun 7. Siswa kelas 8 dan 7 memang melakukan aktifitas di luar sekolah atau lebih dikenal dengan Study Tour. Kegiatan ini rutin diadakan oleh SMP TNH setiap tahunnya, untuk mendukung proses belajar mengajar selain di dalam gedung sekolah. Kegiatan ini sepertinya cukup diminati oleh siswa siswi SMP TNH, terlihat dari antusiasnya para siswa siswi dalam mengikuti setiap acara kegiatan ini.
            Tujuan Study Tour antara kelas 8 dan kelas 7 memang berbeda, tidak seperti tahun lalu yang antara kelas 7 dan kelas 8 memiliki tujuan yang sama. Kelas 7 memiliki tujuan ke Malang, sedangkan kelas 8 bertujuan ke Surabaya. Biaya untuk kegiatan ini tidak terlalu mahal tapi cukup meroboh kocek yang dalam, Rp 150.000,00 untuk kelas 8 dan Rp 220.000,00 untuk kelas 7. Dengan biaya tersebut kita sudah dapat 2 bis besar untuk sarana transportasi, snack, makan siang, dan tiket masuk ke lokasi lokasi Study Tour.

Study Tour kelas 8

            Mungkin kota yang mendapat julukan “Kota Pahlawan” ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Apalagi jarak yang tidak terlalu jauh dari kota Mojokerto dan kota Metropolitan yang lumayan sering, membuat kita tertarik mengunjungi tempat tersebut. Tapi mengapa kota ini disebut Kota Pahlawan? Dan apa kejadian lampau di tempat ini?
            Study Tour kelas 8 kali ini akan mengunjungi tempat tempat bersejarah di kota Surabaya. Tempat – tempat yang dikunjungi adalah Museum Loka Jalan Crana, Planetarium, Tugu Pahlawan, dan Tunjungan Plaza.
            Pada jam 06.30, kami sudah berada di sekolah untuk kumpul dan pengarahan sebelum berangkat.  Pada pukul 07.00, bis sudah meluncur ke lokasi Study Tour, yaitu Surabaya. Waktu perjalanan rupanya sedikit lebih lama dari perkiraan, 08.50 kami baru sampai di Museum Jala Crana. Disana kami diajak melihat lihat koleksi museum, yang merupakan benda benda bekas perang jaman penjajahan. Didalam kompleks Akademi TNI Angkatan Laut tersebut, ternyata juga terdapat Planetarium, yang mana Planetarium di Indonesia hanya ada 3 saja, salh satunya di lokasi ini. Waw, rasanya bangga sekali, mungkin tidak semua orang memiliki kesempatan ini. Dengan dipandu oleh seorang TNI, kami diajak melihat rasi rasi bintang di langit pada waktu malam hari. Memang tidak nyata dan hanya dijalankan oleh sebuat proyektor planetarium, tapi rasanya hampir nyata melihat langsung bintang di malam hari.
            Kemudian kegiatan kami dilanjutkan ke Tugu Pahlawan kota Surabaya. Di tempat ini, terdapat museum juga tentang jalan penjajahan. Ruangan tersebut dibangun di bawah tanah, sehingga jika kita tidak memperhatikan, dari awal sepertinya hanya ada tugu yang tinggi. Dengan dipandu oleh 2 pemandu, kami diajak melihat – lihat koleksi di tempat ini. Disini kita juga melihat pemutaran video jaman perang dahulu, sampai sampai kita terbengong untuk beberapa saat.
            Selesai dari itu kita menuju tempat terakhir, yaitu Tunjungan Plaza. Tempat ini bukanlah tempat mencari ilmu ataupun tempat bersejarah, tetapi tempat ini adalah Pusat Perbelanjaan. Disini kami sudah tidak terikan tugas tugas lagi, kami bebas bersantai di mall ini. Sampai akhirnya pukul 06.15 kami pulang kembali ke Mojokerto.
            Kami tiba di Mojokerto pada pukul 20.00, dan para penjemput sudah menunggu ramai di lokasi SMP TNH. Perjalanan ini cukup menyenangkan sekaligus melelahkan. Kami semua suka suasana kebersamaan seperti di bis dan berwisata bersama. Sepertinya semua peserta ingin melakukannya lagi, asal tanpa biaya, hehehe. Demikian kegiatan tersebut berjalan. (Julius–5444)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar