Kamis, 23 Februari 2012

JELANG ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP SMP TNH


(WARTATNH, 23 Februari 2012)
            Kira-kira tiga minggu lagi siswa-siswi SMP TNH akan mengikuti UTS (Ujian Tengah Semester), tepatnya tanggal 12 Maret nanti. Mungkin kurun waktu tiga minggu itu terbilang masih lama, tapi kita harus mempersiapkan diri dari sekarang, karena UTS tidaklah mudah dan merupakan salah satu faktor penentu kita naik kelas atau tidak. Lalu, apa yang harus kita persiapkan dan kita lakukan untuk menghadapi UTS nanti?
            Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menghadapi UTS nanti, yaitu :
1.   Jaga Kesehatan
Menjaga kesehatan adalah hal yang terpenting untuk menghadapi UTS nanti. Dengan kesehatan yang baik, kita akan mengikuti UTS dengan lancar. Dengan kesehatan yang baik pula, kita dapat berkonsentrasi dengan baik dalam belajar, sehingga tidak ada lagi yang namanya remidial.
2.   Tentukan Porsi Belajar yang Tepat
Untuk menghadapi UTS, tentu kita perlu belajar. Tetapi untuk dapat belajar dengan baik, kita perlu menentukan porsi belajar yang tepat untuk kita. Tidak terlalu santai, tetapi juga tidak terlalu di forsir. Misalnya, luangkan waktu sekitar 1 jam setiap hari untuk mengulang kembali pelajaran yang diajarkan di sekolah. Setelah itu, istirahat dulu. Jika masih sanggup, bisa diteruskan. Tapi bila sudah tidak sanggup, sebaiknya berhenti, karena bila dipaksakan hasilnya malah akan sia-sia.
3.   Jaga Jarak dengan Gadget
Selama ini, hambatan terbesar kita dalam belajar adalah gadget. BlackBerry adalah gadget yang paling membuat kita ingin berhenti belajar hanya karena ingin mengecek BBM (BlackBerry Messenger) yang masuk ke dalam BB kita. Tetapi selain BlackBerry, laptop atau gadget lainnya juga menggangu belajar kita, lantaran kita akan ketagihan bermain. Jika kita jaga jarak dengan gadget, maka kita akan lebih berkonsentrasi belajr, sehingga belajar kita menjadi maksimal.
4.   Jaga Jarak dengan Televisi
Selain gadget, televisi juga merupakan salah satu penghambat belajar kita. Film, kartun, dan sinetron adalah tontonan yang biasa kita tonton di televisi. Kartun dan sinetron biasanya tayang dalam bentuk CerBung (Cerita Bersambung) yang membuat kita penasaran dengan kelanjutannya. Rasa penasaran inilah yang membuat kita tiak bisa lepas dari tontonan, sehingga kita lupa belajar. Selain itu, menonton film yang menarik pada hari tertentu juga menghalangi kita untuk belajar. Jadi, coba matikan televisi, maka kita akan lebih konsentrasi belajar.
5.   Hindari Tidur Terlalu Malam
Biasanya, jika kita telah berhasil jaga jarak dengan gadget dan televisi, kita akan belajar dengan baik. Tetapi, setelah waktu yang kita tentukan sebagai waktu belajar kita telah habis, maka kita akan ingin menyegarkan pikiran dengan menonton televisi atau bermain gadget. Awalnya, sih, pinginnya cuma sebentar. Tapi karena keasyikan, kita bisa keterusan, bahkan sampai terlalu larut. Hal ini membuat kita tidur terlalu malam. Tidur terlalu malam akan membuat kita mengantuk di pagi hari, terutama saat jam pelajaran sekolah. Hal ini akan menghambat belajar karena kita tidak konsentrasi pada penjelasan guru.
6.   Belajar Bersama Teman
Belajar bersama-sama dengan teman biasanya akan membuat belajar kita menjadi lebih maksimal, apalagi kita belajar dengan teman yang rajin dan pandai, itu pasti akan sangat membantu. Mengapa demikian? Karena jika teman kita itu rajin, kita akan terpacu untuk lebih rajin dari dia, sehingga kita dapat mengalahkan nilainya. Jika teman kita itu pandai, kita bisa menanyakan hal-hal yang tidak kita mengerti kepadanya. Karena, bila kita dijelaskan dengan teman sebaya kita akan membuat kita lebih mengerti daripada kita dijelaskan oleh guru.
7.   Berselancar di Internet
Kita memang harus menghindari gadget pada saat belajar, karena akan menggangu konsentrasi kita. Tetapi, apa salahnya menggunakan gadget kita itu untuk belajar? Caranya, explore hal-hal yang kita pelajari di sekolah, sehingga pengetahuan kita lebih luas. Selain itu, browsing di google untuk hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran juga membantu pembelajaran kita
8.   Hindari Tempat Bermain Game Online
Saat ini, game online sedang gencar-gencarnya di kalangan anak-anak dan remaja. Hal ini dimanfaatkan oleh banyak oranguntuk memperoleh keuntungan besar dengan membuka tempat bermain game online. Hal ini tentu menguras isi kantong kita. Selain itu, bermain game online juga membuat kita kecanduan. Sudah sipastikan, kecanduan kita akan menghambat kita dalam belajar, karena lebih ingin bermain daripada belajar. Jadi, jika tempat tersebut kita hindari, akan membuat kita lebih konsentrasi belajar.
9.   Siapkan Camilan
Semua hal yang harus kita hindari sudah berhasil kita hindari. Kita juga sudah menentukan porsi belajar yang tepat untuk kita. Kesehatan kita juga baik-baik saja. Hal terakhir adalah camilan. Sebagian besar dari kita adalah anak-anak yang suka nyemil. Nah, camilan juga bisa membuat kita lebih berkonsentrasi belajar, karena terkadang kita bisa menjadi sedikt lapar, padahal sudah makan. Rasa perut yang lapar akan mengurangi tingkat konsentrasi belajar.
Sembilan hal di atas adalh hal-hal yang saya pikir dapat membantu kita menghadapi UTS nanti. Semoga bermanfaat :) [Melisa 8A]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar